Rabu, 07 Juni 2017

Toko Sepeda Bisa Jadi Sukses dengan Tips-Tips Berikut Ini!


Dari sekian banyak jenis alat transportasi yang ada di dunia, sepeda merupakan jenis alat transportasi yang tak hanya populer namun juga ramah lingkungan. Kendaraan satu ini memiliki banyak jenis dan umumnya ciri-cirinya adalah tidak memiliki mesin, memiliki 2 atau 3 roda, sadel (tempat duduk pengayuh), sadel, stang kemudi, pedal atau alat kayuh, rantai, rem dan gear dan sebagainya. Kendaraan ini diminati oleh hampir semua kalangan mulai dari anak-anak remaja hingga dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Toko sepeda pun kini juga menjamur seiring dengan popularitas sepeda yang kian hari kian meningkat.
Ada beberapa alasan yang mendasari sepeda begitu populer dan masih diminati hingga saat ini, bahkan sekarang sudah ada gerakan “Bike to Work” yaitu sebuah gerakan atau aksi untuk mengajak siapa saja menggunakan sepeda untuk pergi ke kantor atau bekerja dengan beragam alasan, namun yang paling utama adalah sebagai salah satu dari sekian banyak aksi “go green” atau kepedulian terhadap bumi yang kian hari kian panas akibat global warming yang salah satu penyebabnya adalah asap kendaraan. Bagi Anda yang juga ingin berusaha membuka toko sepeda, ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda:

  1. Cari dan lengkapi.
Langkah pertama dalam membuka toko yang menjual sepeda adalah dengan mencari lokasi yang strategis seperti di dekat pasar, pinggir jalan kapital, atau lokasi lainnya yang banyak penduduk. Setelah itu lengkapilah toko Anda dengan berbagai jenis sepeda utuh sekaligus beserta spare part-nya, mulai dari sepeda untuk anak-anak, sepeda untuk remaja, sepeda gunung, sepeda listrik, dan sebagainya. Sediakan dalam berbagai merek yang sudah terkenal dan memiliki reputasi yang baik di pasaran.

  1. Sediakan merek lokal atau buatan China.
Pertimbangkan juga untuk menyediakan sepeda dengan merek lokal atau buatan China di toko Anda. Sepeda dengan merek lokal maupun China memang relatif lebih murah jika dibandingkan merek-merek yang sudah terkenal atau buatan Jepang dan Eropa. Hal ini bertujuan tak lain dan tak bukan agar konsumen dapat memilih sendiri sepeda seperti apa yang ia inginkan, jika mereka ingin sepeda yang murah, maka Anda bisa merekomendasikan merek sepeda tersebut. Sedangkan bagi konsumen yang menginginkan jenis sepeda yang berkualitas atau bermerek, Anda dapat merekomendasikan merek-merek yang terkenal.

  1. Lengkapi dengan suku cadang/aksesoris.
Jika memungkinkan, lengkapilah toko Anda dengan beberapa jenis suku cadang/spare part, mulai dari ban, pelek, rantai, senar rem dan lain-lain, serta tak lupa juga beberapa aksesoris lainnya seperti helm, botol minum, pompa angin, tas sepeda, celana padding dan sebagainya. Penyediaan suku cadang dan aksesoris ini dapat menambah pundi-pundi rupiah Anda, terlebih jika Anda juga memiliki keterampilan untuk memperbaiki sepeda, maka hal tersebut bisa menjadi nilai plus bagi Anda.

  1. Promosi.
Toko sepeda Anda sudah resmi dibuka, kini saatnya adalah Anda mulai menggencarkan promosi ke berbagai media, tujuannya tentu saja adalah untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Caranya pun sebenarnya tidak terlalu sulit, Anda bisa melakukan promosi dengan ikut bergabung dalam klub atau komunitas pecinta sepeda, menjadi sponsor acara “Fun Bike” atau bersepeda santai, selebaran atau brosur, atau bisa juga Anda menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan promosi. Jangan lupa berikan garansi dengan klaim yang mudah serta layanan purna-jual yang terbaik.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Berkomentarlah dengan bijak