Sabtu, 04 Maret 2017

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi, delijou.com
Walaupun kelihatannya sepele, tapi cara membersihkan botol susu bayi memerlukan tingkat kecermatan tinggi.  Hal ini karena jika kurang bersih dapat memicu perkembangbiakan kuman dan bakteri pada botol susu. Kalau bakteri tersebut dibiarkan maka dapat masuk ke dalam tubuh si kecil dan menimbulkan infeksi.

Pastinya Anda tidak mau hal itu terjadi pada si kecil bukan? Oleh karena itu, Anda perlu mengetui langka-langkah yang tepat saat membersihkan botol minum bayi. Sehingga, tidak ada kotoran yang menempel dan menjadi tempat pertumbuhan kuman maupun bakteri. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda praktikkan di rumah :
Bersihkan tangan menggunakan sabun sampai bersih terlebih dahulu sebelum mencuci botol susu bayi.
Cara membersihkan botolsusu bayi yang kedua adalah melepaskan semua bagian botol.
Kemudian, tuangkan cairan pembersih khusus pada setiap bagian botol susu bayi. Tambahkan air untuk mempermudah dalam proses pencucian.
Mulailah membersihkan bagian dasar botol susu dengan sikat halus. Lakukan dengan gerakan memutar dan bersihkan secara teliti ke setiap sisi botol. Gunakan sikat kecil untuk membersihkan bagian bibir botol agar bisa menjangkau ke celah tutup botol.
Selesai mencuci semua bagian botol, selanjutnya ke bagian gelang dot. Cara membersihkan botol susu bayi pada komponen itu adalah menggunakan sikat kecil dan halus. Berikan perhatian pada ulirnya dan gosok sampai benar-benar bersih.
Cucilah tutup botol susu bayi dengan spon pembersih sampai ke bagian dalamnya.
Bilas semua komponen botol sampai bersih dengan air mengalir. Lihat satu persatu, jangan sampai ada kotoran maupun sisa susu yang menempel.
Lanjutkan dengan proses pensterilan. Didikan air dalam panci dan matikan apinya. Masukkan semua komponen botol dan biarkan terendam selama 15 menit. Jika tidak ingin menggunakan air rebusan, bisa memakai cairan sterilisasi.
Angkat semua bagian botol susu menggunakan penjepit dan tiriskan. Biarkan airnya hilang dan mengering. Kalau terlalu lama menunggu pakai handuk bersih atau handuk khusus untuk lap botol susu bayi. Setelah kering barulah gunakan barulah bisa digunakan.
Bagaimana sudah tahukan cara membersihkan botol susu bayi yang benar dan tepat? Aplikasikan langkah tersebut ketika mencuci botol susu si kecil. Alangkah baiknya Anda mempunyai beberapa botol susu bayi. Ketika yang satu dibersihkan, Anda bisa menggunakan botol lainnya untuk memberikan susu ke si kecil.



Tidak ada komentar:
Write komentar

Berkomentarlah dengan bijak