Senin, 19 Desember 2016

Berbagai Jenis Panel Surya

Panel Surya
Panel surya merupakan alternatif bagi kita yang tidak ingin bergantung dengan energi fosil selamanya. Dengan penggunaan panel surya kita bisa tenang karena matahari tidak akan habis energi nya paling tidak untuk 80 tahun ke depan. Aplikasi panel surya saat ini di Indonesia sebenarnya sudah digunakan, namun masih dalam skala yang kecil. Penggunaan panel surya saat ini hanya digunakan sebatas untuk sumber lampu lalu lintas, secondary electrical supplay untuk rumah tangga dan untuk percobaan pembuatan mobil para mahasiswa. Apabila kita bisa menggunakan teknologi panel surya ini untuk skala yang lebih besar lagi maka bukan tidak mungkin panel surya akan dpaat mengganti energi fosil sepenuhnya.  Namun apakah kalian tahu ternyata dalam penggunaannya panel surya dapat dibagi menjadi beberapa tipe. Berikut adalah jenis panel surya bila dilihat dari pengaplikasian nya.

Panel Surya On Grid

Seperti dikutip dari icasolar, panel surya on grid yaitu panel surya yang bekerja tanpa menggunakan baterai. Sistem ini dapat langsung tersalurkan kepada beban. Energi listrik yang dihasilkan dari panel surya adalah Direct Current (DC), kemudian diubah menjadi arus Alternating Curent (AC) melalui Inverter. Arus DC yang diubah menjadi arus AC tersebut langsung dapat digunakan kepada beban yang membutuhkan energi listrik, seperti penggunaan untuk lampu, televisi (TV), kipas angin dan perabot elektronik yang membutuhkan energi listrik. Sistem On Grid bekerja bersama dengan arus listrik dari PLN, yakni arus PLN menjadi penghubung atau penyalur arus listrik dari panel surya kepada beban. Sehingga seluruh penggunaan listrik pada waktu siang hari, dihasilkan dari energi listrik panel surya, dan untuk malam hari menggunakan listrik dari PLN. Penggunaan panel surya pada waktu siang hari, dapat membantu mengurangi tagihan biaya listrik dari PLN, semua dapat terlihat pada box meteran listrik PLN yang tidak bergerak.

Panel Surya Off Grid
Off Grid merupakan sistem PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) yang diperuntukan untuk daerah-daerah terpencil/pedesaan yang tidak terjangkau jaringan PLN. Matahari (surya) adalah energi yang secara langsung dapat dijumpai pada sistem tata surya bumi, matahari mampu menghasilkan energi yang dapat diserap panel surya/solar cell. Off Grid sistem disebut juga stand alone PV (Photovoltaic) system yaitu sistem pembangkit listrik yang hanya mengandalkan energi matahari sebagai satu-satunya sumber energi utama dengan menggunakan rangkaian panel surya untuk menghasilkan energi listrik sesuai dengan kebutuhan.

Panel Surya Hybrid
Sesuai dengan namanya, panel surya hybrid ini adalah gabungan dari panel surya on grid dan panel surya off grid. Hybrid panel surya memiliki kelebihan, yakni sistem pengisian pada battery yang tidak hanya bergantung kepada daya dari panel surya/solar cell saja, namun pengisian battery bisa didapatkan dari sistem PLTA, PLTU, PLN, tenaga angin (microhydro air) atau genset.

Panel Surya Berkualitas
Icasolar merupakan website dimana kalian bisa menemukan panel surya yang berkualitas dan berteknologi tinggi. Dengan pengalaman yang dimiliki nya, icasolar mempunyai modal besar untuk menjadi penyedia panel surya berkualitas di Indonesia. Kalian bisa menemukan berbagai informasi mengenai panel surya dan hal hal yang terkait dengan panel surya.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Berkomentarlah dengan bijak