Rabu, 19 Oktober 2016

Mengenal Macam-macam Kategori dan Fungsi Hardware Komputer

Mengenal Macam-macam Kategori dan Fungsi Hardware Komputer - delijou.com   
Hardware komputer atau perangkat keras merupakan alat-alat yang bisa dilihat dan disentuh, berbentuk wujud nyata yang berfungsi untuk mensupport kinerja komputer secara optimal. 

Secara umum, ada beberapa kategori hardware yang dibutuhkan untuk mendukung kinerja sebuah komputer agar bisa berfungsi secara maksimal. Kategori tersebut terdiri dari alat input, proses, output dan penyimpanan. Masing-masing hardware saling bekerja sama sebagai satu kesatuan untuk membangun kinerja komputer yang handal. Berikut ini penjelasan mengenai macam-macam kategori hardware yang perlu Anda ketahui berdasarkan masing-masing fungsinya, yaitu:

  • Alat input.
Alat input atau input device merupakan alat-alat hardware yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data. Data-data yang dimasukkan melalui alat input dari luar ke dalam komputer nantinya akan diolah untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan pengguna. Beberapa jenis hardware yang termasuk dalam kategori alat input antara lain:

ü  Keyboard, untuk memasukkan huruf, karakter, angka dan perintah tertentu pada komputer.
ü  Mouse, untuk memindahkan kursor, menjalankan perintah klik kiri, klik kanan, double klik, scroll dan lainnya.
ü  Scanner, untuk memindai data dalam bentuk kertas ke bentuk digital dalam komputer.

  • Alat pemroses data.
Process device adalah sekumpulan hardware yang saling berkaitan satu sama lain untuk menjalankan fungsi pemrosesan data. Alat-alat tersebut berguna untuk mengolah data yang masuk agar dapat ditampilkan pada pengguna. Berikut ini jenis-jenis hardware yang tergolong dalam alat pemrosesan data, yaitu:

ü  Power supply, untuk menyalurkan arus listrik dari sumbernya ke berbagai perangkat hardware.
ü  Motherboard, untuk menghubungkan semua komponen hardware.
ü  Processor, untuk menjalankan program komputer.
ü  RAM, untuk menyimpan data sementara dan mensuplai data ke processor dengan cepat.
ü  VGA card, untuk menerjemahkan sinyal digital dari komputer menuju monitor.

  • Alat output.
Alat keluaran atau output device adalah hardware komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil olahan data yang berasal dari alat-alat input dan dilakukan oleh process device melalui media tertentu kepada para pengguna. Beberapa contoh hardware yang termasuk dalam kategori alat output antara lain:

ü  Monitor, untuk menampilkan data berupa grafik, teks dan lainnya.
ü  Speaker, untuk mengeluarkan informasi data berupa suara.
ü  Printer, untuk mencetak data dan dokumen dalam media kertas.

  • Alat penyimpanan data.
Kategori hardware terakhir yang digunakan dalam komputer adalah storage device atau alat penyimpanan data. Alat ini juga dapat dikatakan sebagai memori atau tempat penampungan berbagai data, program, aplikasi dan lain sebagainya. Beberapa contoh device yang termasuk alat penyimpanan data antara lain harddisk, flashdisk, CD, DVD dan lain sebagainya. Setiap alat penyimpanan data memiliki kapasitas yang berbeda-beda dan memiliki bentuk yang berbeda pula. Dalam sebuah komputer, media penyimpanan utama yang digunakan ialah harddisk yang berguna untuk menyimpan file sistem operasi, data-data penting, aplikasi dan lain sebagainya. Sedangkan untuk flashdisk, CD dan DVD digunakan sebagai memori portable yang dapat dipakai secara fleksibel di mana saja melalui media berupa USB port atau optik lainnya.

Itulah macam-macam kategori perangkat keras alias hardware komputer dan fungsinya. Setiap hardware tersebut memiliki tugas yang berbeda dan masing-masing berperan penting untuk mengoperasikan suatu komputer agar dapat bekerja optimal. Spesifikasi setiap hardware harus disesuaikan dengan baik dan saling berhubungan sehingga semua kegiatan komputer dapat berjalan lancar berkat adanya alat input, proses, output dan penyimpanan yang terinstal secara lengkap menjadi suatu kesatuan.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Berkomentarlah dengan bijak