Senin, 01 Agustus 2016

Tips Penggunaan Tablet Supaya Tidak Mudah Rusak

Tablet PC merupakan salah satu alat canggih yang biasa dipakai oleh beberapa kalangan setiap hari. Tablet PC digunakan untuk menunjang kegiatan bekerja sehari-hari, sebagai media hiburan, alat komunikasi dan lain-lain. Apabila tablet tidak dirawat dan dioperasikan dengan baik, maka resiko kerusakan bisa saja terjadi. 



Untuk menjaga kualitas dan performa kerja dari tablet PC yang biasa Anda pakai setiap hari, maka gunakanlah tablet PC dengan baik. Berikut ini beberapa tips penggunaan tablet  supaya tidak mudah rusak dan selalu bekerja secara efektif, antara lain:

  1. Lapisi layar tablet dengan pelindung layar.
Melapisi layar tablet memakai lapisan anti gores sangatlah penting supaya layar tablet selalu mulus dan tidak mudah tergores. Sebab, tidak semua layar tablet memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap goresan dan telah dilengkapi dengan lapisan pelindung anti gores sehingga melapisi layar tablet dengan lapisan khusus sangat dibutuhkan untuk menjaga sensitivitas layar sentuh sekaligus mencegah berbagai resiko kerusakan dan goresan yang bisa mengganggu fungsi tablet.

  1. Gunakan cover pelindung tablet.
Cover pelindung tablet saat ini tersedia dalam berbagai macam pilihan warna, bentuk dan desain yang beragam. Supaya lebih aman, Anda bisa menggunakan cover pelindung tablet yang bentuknya mirip cover buku supaya semua lapisan terlindungi secara maksimal dari depan hingga belakang. Cover tersebut didesain sedemikian rupa untuk meminimalisir resiko kerusakan jika tablet jatuh atau terbentur dengan benda yang keras ketika digunakan.

  1. Hindari kebiasaan menyentuh layar tablet dengan tangan yang basah, kotor dan berminyak.
Layar sentuh tablet sangatlah sensitif dan mudah mengalami kerusakan jika pemakaiannya tidak dilakukan dengan benar. Pemakaian tablet yang dilakukan ketika tangan basah, kotor dan berminyak sangat beresiko menimbulkan kerusakan dan menurunkan responsibilitas fungsi layar sentuhnya. Oleh sebab itu, pastikanlah penggunaan tablet dilakukan ketika tangan benar-benar dalam kondisi bersih dan kering sehingga kualitas layar sentuh tetap terjaga. Dengan mengikuti tips penggunaan tablet tersebut, maka tablet akan lebih tahan lama.

Selain beberapa tips di atas, ada juga berbagai macam treatment yang perlu dilakukan dalam menggunakan tablet dengan benar dan tepat, antara lain:

  • Hindari menyimpan tablet di tempat yang panas dan terjemur sinar matahari langsung untuk mencegah kerusakan komponen di dalamnya.
  • Jangan mengisi baterai terlalu lama supaya baterai tetap awet dan tidak cepat rusak.
  • Jauhkan tablet dari barang-barang elektronik seperti kulkas, TV dan lainnya untuk mencegah gelombang elektromagnetik atau interferensi medan magnet yang dapat membuat tablet menjadi rusak.
  • Jangan sembarangan mengunduh aplikasi atau file yang tidak jelas untuk mencegah virus masuk ke dalam tablet Anda.
  • Hindari kebiasaan memainkan tablet ketika sedang di-charge atau mengisi daya karena beresiko menyebabkan baterai cepat rusak bahkan membuat tablet mengalami over heat hingga terbakar dan meledak.
  • Bersihkan layar tablet dengan lap khusus yang halus dan lembut.
  • Hindari pengelapan layar tablet menggunakan kain biasa.

Setelah melakukan berbagai macam tips penggunaan tablet di atas, jangan lupa untuk memakai tablet dalam batas waktu yang wajar dan tidak terlalu lama sehingga kinerja tablet selalu terjaga dan tidak cepat panas. Membatasi waktu pemakaian tablet sangatlah penting agar kualitas performanya tetap terjaga dan berbagai macam komponen tablet tetap bekerja dengan baik dan tidak mudah rusak. Pemakaian tablet yang benar dan bijak sangatlah penting demi menjaga kualitasnya.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Berkomentarlah dengan bijak