Jumat, 24 Juni 2016

Pertolongan Dan Tindakan Saat Terjadi Henti Jantung (RJP)


Delijou.com

Penyakit jantung, - merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh orang tua tetapi penyakit jantung bisa juga diderita oleh remaja maupun anak-anak, meskipun banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit jantung alangkah baiknya anda harus mengetahui apa saja pencegahan agar resiko itu tidak terjadi pada diri anda sendiri.
Orang tua lebih rentang terkena yang namanya penyakit jantung hal ini disebabkan oleh faktor usia dikarenakan saat usia anda berada di angka 50 tahun atau lebih fungsi dari organ tubuh kita mulai terjadi penurunan untuk itu kita harus lebih memperhatikan tubuh agar tidak terjadi resiko-resiko yang lebih parah, jatung merupakan organ vital yang sangat berperan penting untuk tubuh anda fungsi dari jantung tersebut memompakan darah keseluruh tubuh, darah yang dipompakan mengangkut oksigen dan zat lain yang sagat diperlukan organ tubuh anda jika fungsi itu terganggu maka suplai yang diberikan untuk organ tubuh juga berkurang hal ini dapat menimbulkan penyakit-penyakit lain dan bisa mematikan bagian organ tubuh tidak mendapatkan oksigen dan zat lainnya.
Untuk anda yang memiliki orang tua mempuyai riwayat penyakit jantung harus benar-benar memperhatikannya, anda sangat menyayangi orang tua bukan.
Berikut cara pertolongan saat terjadi penyakit henti jantung (RJP atau yang disebut Resusitasi Jantung Paru) :
1. Saat anda melihat orang keluarga anda atau orang lain terjatuh tidak sadarkan diri dan tampak memegang dada saat melakukan aktifitas seperti olahraga dll. hal pertama kali yang harus anda lakukan adalah merespon yaitu dengan cara menepuk bahu dan memanggilnya (kakek, bapa/ibu dll)
2. Amankan lingkungan anda dan orang tersebut yang pasti jauhkan dari bahaya lain.
3. Yang tidak kalah penting tindakan ke 3 yaitu anda harus berteriak minta tolong panggilkan ambulan.
4. Cek nadi pada karotis atau di bagian leher.
5. Jika terdapat denyut nadi maka hal atau tidakan yang harus dilakukan cukup berikan nafas buatan setiap 5 atau 6 detik.
6. Jika nadi tidak teraba maka hal yang harus anda lakukan adalah letakkan orang tersebut dalam posisi tidur atau telentang dan bagian bawah harus keras, selanjutnya buka pakaian terutama daerah dada, selanjutnya lakukan kompresi dada 30x dilanjutkan nafas buatan 2x (rasio 30:2) lakukan hal tersebut ter sebanyak 5 siklus dalam 2 menit.
7. Cek nadi karotis setiap 2 menit.
8. Jika nadi belum teraba lanjutkan sampai bantuan datang atau diambil alih oleh petugas yang lebih ahli.

Catatan:
Harus diingat konsepnya yaitu CAB (circulation,airway dan breathing).
Tindakan tersebut dilakukan saat kejadian 4 menit atau kurang dari waktu tersebut.
Sekian, semoga bermamfaat

Sumber: Arifin. 2015. Kumpulan Materi KegawatDaruratan. Rudhini Publishing: Banjarmasin.

 Kata kunci: Rjp, tindakan rjp, sap rjp, tindakan saat henti jantung, pertongan pertama pada jantung, jantung dan tindakannya, tindakna mudah penderita jantung, jantung dan pertolongannya, bagaimana pertolongan pada jantung.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Berkomentarlah dengan bijak